Jumat, 26 Mei 2017

Air Terjun Diwu Panabu, Wawo

Sebelum postingan ini dimuat, kita sudah berwisata ke >>>air terjun tarlawi dan atas saran warga kami diajak ke air terjun yang tidak jauh dari rumah mereka atau tempat kami pakir motor kami, karena penasaran kamipun mengikuti saran tersebut walaupun kondisi kami saat itu sudah sedikit lelah setelah lama bermain di air terjun tarlawi sebelumnya...


           Nama lokasi air terjun tujuan kami ini yang warga disana sering menyebutnya “diwu panabu” untuk sampai ke lokasi ini ada 2 jalur yang bisa kita gunakan, lewat sungai dengan menyusuri jalur sungai mengarah ke hulu, sedangkan jalur yang satunya bisa jalan ke arah bukit (naik gunung), untuk mengetahui jalur mana yang paling bagus untuk dilewati ketika kami datang berikutnya maka kami membagi menjadi 2 kelompok, satu kelompok lewat sungai dan satu lagi naik ke gunung, masing-masing kelompok ada pemandunya yakni bolang (bocah petualang) dari tarlawi...hehe, sekitar kurang lebih 1 jam berjalanan kami sampai hampir bersamaan baik yang dari gunung dan sungai, namun kesimpulan yang didapat jalur sungai adalah jalur terbaik selama debit air sungai masih normal, karena jika air sungai naik sebaiknya urungkan saja niat untuk bermain-main ke air terjun karena mengingat faktor keamanan lebih diutamakan, namun jika ingin mencoba melalui jalur gunung kita bakal benar-benar berjalanan menanjak sehingga membutuhkan tenaga yang ekstra.

Setelah sampai kami langsung bersiap-siap untuk mandi, air terjun di diwu panabu ini benar-benar deras, disini kita bisa mandi dengan aman, karena dasar sungai yang tidak terlalu dalam dan tepian sungai dapat dengan mudah dicapai jika sewaktu-waktu terjadi hal yang tidak kita inginkan...hehe

Kolam (diwu) yang tepat berada di bawah air terjunnya membuat keindahannya menjadi 2x lipat :D, apalagi kedalaman hanya sekitar 1 meteran saja bisa buat berenang, melompat dari pinggir dengan aman...penasaran dengan keseruan seperti apa di air terjun ini? Lihat vidio di bawah ini ya...
         

          Walaupun air terjun ini menurut kami aman, namun sebelum berencana untuk datang kesini sebaiknya kita harus melihat cuaca terlebih dahulu, seandainya kemungkinan besar hujan, sebaiknya tunda dulu kepergian, apalagi jika air sungai ini sudah menjadi tidak ramah lagi (banjir) karena faktor keamanan adalah segalanya! 



        Setelah hampir 2 jam kami bermain di air terjun diwu panabu ini, kamipun harus bergegas pulang karena hari mulai sore, dan tidak lupa pula berpamitan dengan warga Desa Tarlawi yang baik hati...yang sudah mengizinkan kami memarkirkan kendaraan kami di halaman rumah mereka, dan juga mengantarkan kami ke air terjun, semoga dilain hari bisa bertemu kembali.

Ditengah perjalanan kami sempatkan juga untuk berhenti sejenak menikmati pemandangan pegunungan yang hijau serta berfoto ria dengan latar tersebut, bagaimana, baguskan latarnya? Hehee...okey sampai disini saja ya postingan trip episode Tarlawi nya, semoga info dari kami bisa bermanfaat buat kalian.                                  
untuk kalian yang ingin bertanya seputar info tentang air terjun ini, bisa tinggalkan komentar di bawah ini ya, dan jangan lupa untuk follow fanpage wisata bima juga untuk update terbaru seputar wisata Bima >>>(klik disini)




Related Posts

Air Terjun Diwu Panabu, Wawo
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.

comments