Sabtu, 26 Maret 2016

Pantai So Dau yang tersembunyi


          Apa yang kalian pikirkan setelah melihat foto diatas? Lokasi pantainya? Apa ini di pulau lombok? Atau kalian pikir, ini salah satu pantai di Bali?...jawabannya adalah eeengg ingg enggg...foto diatas adalah foto pantai yang bernama So Dau yang terletak di Kecamatan Lambu Kabupaten Bima. Pasti kalian masih belum percaya kalau pantai ini ada di Bima, yap karena memang pantai ini masih belum sepopuler teman-temannya yang berada di satu kawasan yaitu sape/lambu, pantai ini juga bisa dikatakan masih perawan, sebab jaraknya yang jauh dari pemukiman warga serta masih jarangnya pengunjung yang datang ini ditandai dengan bersihnya lokasi sekitar pantai (hanya sampai alami)
          Saat pertama kami menginjakkan kaki disini kami terpukau dengan garis pantai yang panjang, pasirnya yang putih bersih serta air lautnya yang jernih dan jika kita masuk lebih dalam lagi tepat di sisi dekat tebing akan banyak ditemui terumbu karang yang masih asri terjaga. Uniknya pantai ini adalah area terumbu karang dan pasirnya terpisah, maksudnya di area pasir kita tidak akan bertemu karang atau sejenisnya hanya ada pasir saja jadi sangat aman buat yang takut terluka karena karang, sebaliknya di area karang sangat padat dengan kehidupan laut  dan bebatuan karang, sehingga buat yang suka snorkeling dan bermain2 dengan ikan sangat cocok disini.


          Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan di pantai ini, seperti berjemur, bermain pasir, snorkeling, memancing dan tidak ketinggalan yang hobby foto landscape disini sangat banyak spot untuk diexplor seperti disalah satu spot favorit kami yakni diatas bukit dekat pantai ini dari atas kita bisa mendapatkan sudut lebar yang dapat mencakup seluruh garis pantai dan dari atas juga dapat kita lihat pulau-pulau kecil yang berada disekitar pantai ini, kerenkan!
Nah, bagaimana? Kalian tertarik dengan pantai ini, untuk sampai ke pantai so dau kalian harus menggunakan sepeda motor karena medannya selain rusak juga sempit untuk kendaraan roda 4 (mobil) lewati, setidaknya dibutuhkan waktu sekitar 2 jam s/d 2,5 jam perjalanan dari kota Bima, jika star dari Sape hanya 1 jam saja, itupun kalau kita tidak beristirahat ditengah perjalanan. Dari arah sape kita berkendara kearah timur sampai dipersimpangan kita ambil jalur ke kanan atau yang ke arah Desa Soro Kecamatan Lambu,  itu artinya kita akan mengarah ke selatan hingga akhirnya belok kiri yang mengarah ke Pantai Papa, disini jalanan masih diaspal namun semakin sempit, jadi kita diharuskan extra hati2 melewatinya karena kita juga harus waspada terhadap kendaraan dari arah berlawanan. Jalanan mulai rusak ketika kita melewati BSM atau penangkaran mutiara dari sini kita hanya mengikuti jalur setapak dan jalur tersebut akan mengarahkan kita ke pantai So Dau, medan yang akan dilewati adalah tanah serta bebatuan ditambah lagi jalanan menanjak serta turunan, cocok sekali buat yang hobby travel adventure menggunakan motor trail, hehe..

selama diperjalanan banyak pemandangan indah yang akan kita temui seperti melewati pantai, pegunungan, ladang sawah dan masih banyak lagi. Karena letak pantai ini jauh dari pemukiman warga, sebaiknya bekal harus dipersiapkan terlebih dahulu dari Sape, terutama bahan bakar kendaraan kita harus terisi penuh sebab tidak akan ada orang yang jual bensin eceran disana.
          Sesaat sebelum memasuki kawasan pantai So Dau medan terakhirnya ialah ladang sawah, disini kalian akan temukan pipa air milik para petani yang airnya nonstop mengalir, kalian bisa mengisi ulang air minum atau memanfaatkan air tersebut untuk digunakan saat dipantai, juga sepulangnya setelah mandi dipantai bisa mandi lagi dari pipa air tersebut. Sedangkan motor  bisa kita dititipkan pada para petani disitu, atau kalau diizinkan untuk melewati persawahannya kita bisa langsung masuk ke pantai dengan motor kita.

       Setelah sampai dipantai jangan lupa ya, jangan membuang sampah sembarangan, dimanapun kalian berada terutama di pantai yang indah dan bersih ini, tentunya sangat disayangkan pantai yang indah ini harus tercemar oleh kita cuma karena malas membersihkan, minimal kita membersihkan sisa-sisa makanan yang kita bawa dengan membawa kembali jauh keluar area pantai atau jika sampah yang mudah terurai bisa dengan cara dibakar...mudah bukan semoga informasi diatas bisa menambah daftar tujuan wisata dan wawasan kalian ya! Untuk melihat fotonya yang lebih lengkap, kalian bisa masuk ke fanpage wisata bima ya, klik disini untuk melihat foto selengkapnya

 Attention : sangat tidak dianjurkan untuk ke pantai ini saat musim penghujan karena dikhawatirkan kendaraan akan terperangkap karena becek, sebagian besar medannya tanah dan jauh dari pemukiman warga.



Related Posts

Pantai So Dau yang tersembunyi
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.

comments

16 komentar

Tulis komentar
avatar
21 April 2016 05.54

Pantainya sangat menarik, Ingin sekali untuk wisata ke sana. Salam kenal dari Rental Mobil Di Malang Murah, http://rentalsewamobilmalangbatu.com/, Simpati 0821 41555 123

Reply
avatar
1 Juni 2016 03.15

Menarik mas. Tapi wisata di medan juga tidak kalah loh. Cek http://www.turiskampung.com/

Reply
avatar
15 Juli 2016 08.33

wah indah sekali, mampir juga ke http://goo.gl/iCGj3f

Reply
avatar
25 Juli 2016 16.14

hadir kesini gan... www.jejakpedia.com

Reply
avatar
27 Oktober 2016 01.14

pantai pasir merah wiiiiiiihhhhh kereeeennnnnn
http://grosirklg.com
http://www.fatmafarma.com

Reply
avatar
2 Februari 2017 08.21

klo ini blm pernah sy jelajahi

Reply
avatar
10 Februari 2017 13.00

Boleh minta nomer HP nya bang?

Reply
avatar
14 April 2017 03.56

mantab sekali aku juga pernah punya teman orang bima orangnya baek kali dia. Slam kenal buat kawan2 Bima yo
beli hammer of thor

Reply
avatar
23 Mei 2017 21.25

Yap...pastinya, salam wisata...

Reply
avatar
23 Mei 2017 21.26

silahkan dicoba deh, pokoknya seru..(y)

Reply
avatar
23 Mei 2017 21.27

lewat chat di facebook / fanpage wisata bima fast respon bray :)

Reply