Air Terjun Oi Nca Wera

Buat kalian yang hobby berpetualang di alam terbuka seperti mendaki bukit, menelusuri sungai atau sekedar mencari pemandangan baru dengan berfoto di alam, kalian harus coba wisata yang satu ini, Air terjun Oi Nca yang berada di Kecamatan Wera Kabupaten Bima ini menawarkan pengalaman yang seru yang sayang jika kalian lewatkan.
Air terjun oi Nca persisnya berada di Desa Ntoke, Kecamatan Wera, Kabupaten Bima. Desa ini sedikit terpencil karena letaknya yang lumayan jauh dari Desa sekitarnya namun untuk akses masuk ke Desa Ntoke tidak ada kendala yang berarti. Okey...sebelumnya untuk sampai di Kecamatan Wera ini jika dari Kota Bima kita harus berkendara selama kurang lebih 1 jam 30 menit dan itu berarti kita akan mengarah ke utara melewati Kelurahan Jatiwangi dan Jatibaru Asakota Kota Bima serta jalur Ncai Kapenta yang terkenal dengan suasana pegunungan hijaunya. Memasuki Kecamatan Wera kita akan terus mendapati pemandangan pantai, disini juga bisa menjadi tempat beristirahat sembari melemaskan otot yang tegang selama perjalanan, Desa Ntoke berada agak jauh dari jalan rayanya jadi selama perjalanan kita sebaiknya sambil tanya sama warga yang kita temui agar tidak salah jalan..hehe
Dan akhirnya kami sampai di ujung Desa Ntoke pada pukul 11.50 disini kita bisa menitipkan kendaraan di rumah-rumah warga Desa. Karena kami pertama kali datang maka kami juga mengajak anak muda setempat untuk menjadi guide kami selama perjalanan ke air terjun.

Dari Desa inilah kita mulai tracking alias berjalan kaki karena kendaraan biasa sudah tidak mungkin digunakan lagi dikarenakan medan yang berlumpur dan berbatu, tapi tenang...perjalanan kita tidak serta merta hanya merasakan capek dan lelah akan tetapi yang kita dapatkan dibalik itu semua yaitu pemandangan hijau pegunungan yang mungkin jarang kita temui dikehidupan sehari-hari, apalagi jalur yang akan kita tempuh juga melewati sungai dengan bebatuan besar yang semakin mempercantik pemandangan.

Setelah menempuh perjalanan selama kurang dari 1 jam, dari kejauhan suara gemuruh air akan menyambut kedatangan para pengunjung dan pada pukul 12.40 sampailah kami sampai di air terjun Oi Nca Wera.
Suasana sejuk khas pegunungan ditambah lagi dengan suara air terjun seakan membuat kita melupakan rasa lelah dan capek selama perjalanan, disini juga kita bisa berbaring melepas lelah di atas bebatuan besar disekitar air terjun, tempat ini menawarkan pemandangan alam yang sangat indah dan tentunya bisa menjadi alternatif tempat wisata diwaktu liburan.
Disini kami makan siang bersama-sama kemudian akhirnya menikmati sensasi mandi di bawah air terjunnya.
Dan setelah kami puas bermain air dan berfoto-foto ria, pukul15.20 kamipun siap-siap untuk kembali ke Desa namun sebelumnya untuk dokumentasi kami berfoto bersama dengan latar Air Terjun Oi Nca, Oia trip kali ini wisata bima ditemani juga oleh teman-teman dari Mbojo Backpaker, selama perjalanan kami saling bertukar informasi seputar tempat-tempat keren lainnya, semoga ini menjadi awal yang baik buat wisata bima maupun mbojo backpaker dan bisa ngetrip bareng lagi dilain waktu untuk sama-sama memajukan  dan mempromosikan tempat wisata yang ada di Bima (y).